Selamat Datang!!

Mahasiswa Jalur SBMPTN-SNMPTN 2017 di Ilmu Tanah, FP-USK

Minggu, 25 September 2016

Wajah HIMAILTA Saat Ini

Intro:
"HIMAILTA atau Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah adalah kelompok atau forum yang beranggotakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Himpunan ini dulunya sudah pernah ada, namun dihapuskan pada tahun 2008 karena adanya penggabungan beberapa program studi (saat itu disebut Jurusan) menjadi satu program studi yaitu Agrotek. Namun, pada tahun 2013 Program Studi Ilmu Tanah dibuka kembali dengan ditandai awal permulaan kuliah mahasiswa Ilmu Tanah pada 3 September 2013."

             Awal mulanya forum ini dibuat berdasarkan kesepakatan antar mahasiswa Ilmu Tanah, dosen, Jajaran pimpinan dan staff Fakultas Pertanian serta melibatkan alumni Ilmu Tanah terdahulu (sebelum Ilmu Tanah di gabungkan dalam prodi Agrotek pada tahun 2008). Oleh karena itu, HIMAILTA mulai dibentuk dengan dipilihnya ketua beserta jajaran kepengurusan himpunan melalui sistem demokrasi atau pengambilan suara.

            Setelah proses pemilihan dilakukan, secara resmi himpunan mahasiswa Ilmu Tanah terbentuk kembali pada 22 Februari 2014 dan ketua beserta jajarannya dilantik pada 22 Maret 2014. 

             Seiring berjalanan waktu, ruangan (sekret) HIMAILTA mulai dibangun. Awal mula sekret HIMAILTA ditempatkan pada gedung Type C, Fakultas Pertanian dengan spesifikasi ruangan berukuran 3x3m yang dilengkapi dengan Exhaust Fan, 1 buah jendela dan pintu, ubin keramik ukuran 30x30cm. Letak ruangan ini persis berada di samping tangga gedung Type C didekat pintu utama gedung. Namun, saat ini ruangan tersebut telah dialih fungsikan sebagai rest area untuk security ronda malam.
             
              Sekret HIMAILTA, kemudian dipindahkan ke belakang gedung Type B Fakultas Pertanian dengan diawali pembangunan pada pertengahan tahun 2014. Spesifikasi sekret HIMAILTA saat itu adalah ruangan yang memiliki luas 12M2 dengan gedung semi permanen (lantai beton+3/4 dinding terbuat dari beton) yang dilengkapi dengan jendela 1buah,  pintu 1 buah, dan Fentilasi udara 1 buah tanpa perabot didalamnya.

            Sampai dengan saat ini (25/9/16), Sekret HIMAILTA tetap berada dibelakang gedung Type B Fakultas Pertanian. Namun, penambahan sarana dan perasarana mulai dilengkapi. Berikut data spesifikasi (dilengkapi foto) keadaan sekretariatan HIMAILTA sekarang.

Ini dia sekret kita berdasarkan penampakan luarnya (Outdoor) :



HIMAILTA memiliki ruang rapat yang berkonsep Green Living Meeting (Outdoor Type) yang mampu menampung lebih kurang 50 peserta rapat. Ruangan ini dilengkapi dengan 3 buah kipas angin (modifikasi dari unit AC bekas/limbah), meja, kursi, papan tulis, tong sampah, pot bunga untuk tanaman liana dengan sistem penyiraman semi otomatis dan wifi dengan kecepatan 4G LTE.


Ruangan berikutnya yaitu area diskusi umum atau ruang kumpul yang memiliki spesifikasi, lemari, kipas angin, meja panjang yang dilengkapi kursi untuk mendukung para anggota mengerjakan tugas dan mengupdated sosial medianya menggunakan jaringan wifi himpunan.


Area foto dan informasi yang dilengkapi dengan mading berukuran 2x1m, logo dan tulisan HIMAILTA serta nama-nama tanah versi USDA.


Area hijau (taman) himpunan yang memiliki beberapa macam jenis tanaman hias yang ditanam didalam pot dan tanah langsung, area ini juga memiliki konektivitas wifi.


Tampak depan himpunan yang dilengkapi dengan kursi kayu berkapasitas 5 orang, pot tanaman hias (lebih kurang 15 pot), rak sepatu dan area bebas parkir.

Akses masuk himpunan memiliki fasilitas rak penyimpanan sepatu keset kaki.
Untuk menjaga area sekret dari berbagai gangguan atau mengurangi aktivitas negatif dari anggota maupun non-anggota himpunan, HIMAILTA menggunakan security camera yang terkoneksi langsung ke jaringan internet.

Berikutnya inilah penampakan dalam ruangan kita (indoor):

Bagian dalam himpunan ini dibagi beberapa segmen (area) berdasarkan fungsinya. Namun, secara menyeluruh ruangan ini memiliki beberapa sarana prasarana yang berfungsi untuk mendukung proses kerja himpunan seperti AC, kipas angin, wifi, lemari, meja, kulkas, dispenser, rak, bantal, karpet, mading, papan tulis, dsb.


 Area baca, santai, internetan, dan sebagainya.


Area dapur dan repair tool kit

Area kerja, administrasi, dan pekerjaan lainnya.

Beginilah wajah HIMAILTA saat ini, semoga kedepannya himpunan ini dapat lebih maju dan anggotanya bisa lebih memandang kedepan demi jayanya himpunan dalam kancah nasional bila perlu internasional.
 


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah layaknya Mahasiswa, Selamat berkreasi!!!